Senin, 11 April 2011

Bila password Mac Kamu Hilang

Anda tentu mengenal Apple, n OS X. Sistem operasi yang selama ini jadi andalan Apple. Sebenarnya yang membuat produk Apple menarik adalah elegan dan kemudahannya. Anda mungkin terlalu sering menggunakan Mac, tetapi jarang melakukan task-task administratif. Yah, ilang dah passwordnya. Ato bisa juga anda beli Mac bekas, lupa tanya ini itu.. Eh, pas mo install aplikasi yang butuh autentikasi, bingung tuh.. hehehe.. Ato kita nemu Mac, ato nyolong Mac?? apa aja dah.. xixixi.. padahal ane pernah kejadian, dapet Mac bekas, n gak tau passwordnya.. gugling, n nyoh passwordnya dapet dah.. ada tiga method sih...




1. Paling Mudah nih, pake CD Mac

Selain di Mac, PC juga ane kasi OS X. Nah, kalo PC ilang ni password, ane masukin aja masternya, trus di tools ada dah reset password. Wus wus wus.. selesai dah..

2. Reset User password

Nah, yang ini tergantung versi mac nya. Kalo 10.5 ma 10.6, tinggal masuk ke single user, Ada di pilihan chameleon loader, atau pencet command + s pas Mac buting.

- scan disk biasa pake 'fsck -fy'
- mount filesystem pake 'mount -uw /'
- panggil daemon 'launchctl load /System/Library/LaunchDaemons/com.apple.DirectoryServices.plist'
- cari username yang mo di reset 'ls /Users'
- reset password 'dscl -passwd /Users/{username} {password}' <ganti yang di kurawal>
- rebut aja..

Kalau anda pake Tiger (yang make OS X tau dah) langkahnya lebih sederhana

- load rc file 'sh /etc/rc'
- trus reset 'passwd {username}', bis itu ikuti pake passwordnya, eh, biasanya gak muncul..
- biasa, rebut aja

Kayaknya jarang ya yang punya panther dan kawan2.. eh, diem ye, ane yang gak bisa..

3. Buat Mac kayak baru

Kalau pengen bikin aku baru (ni kasus ane ni yang mac bekas), kita tinggal hapus aja file yang jadi kunci nya "/var/db/.AppleSetupDone".  Seperti biasa, masuk ke single user mode, scandisk, mount, n remove the file manualy.. Okey, its done here.

Ane juga pernah bantu orang, katanya kalo masuk ke servis resmi abisnya 250 ribu loh.. astaga.. ternyata ada duit dimana-mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar