Rabu, 13 April 2011

Menulis Formula dan Simbol Sains menggunakan Tex Markup

Bagi kita yang berkonsentrasi di sains, kita selalu menggunakan formula, simbol, dan rumus-rumus. Tentu itu bukan merupakan masalah jika kita tulis di kertas. Bahkan di komputerpun pengolah-pengolah kata biasanya menyertakan simbol dan pembuat formula. Misalnya microsoft equation, formula, ataupun mathtype. Tetapi, bilamana kita ingin mempublikasikan tulisan kita melalui internet, apa yang harus kita lakukan?? Tentu kita bisa menggunakan dokumen portabel seperti pdf. Tapi bagaimana jika kita ingin mengkolaborasikan tulisan kita, atau mempublishnya via web?? Html mungkin menjadi opsi yang kita pilih. Tetapi html terlalu sederhana untuk menuliskan formula yang rumit.



Saat kita ingin menuliskan formula lewat html, kita perlu servis render yang spesial dibuat untuk formula. Htmls menjadi tak berguna? tentu tidak, tetapi itu tidak mudah dilakukan. Maka, cobalah bayangkan php, php juga merender script bukan? ya, sesuatu yang mirip php, tetapi dibuat khusus untuk menulis formula. Adakah? Itu dinamakan Tex. Kita dapat menggunakannya sebagai cgi-bin servis. Oh, tapi kita tidak paham bagaimana menggunakannya. Oke, kita hanya perlu memanfaatkan orang yang memahaminya. Adakah seseorang yang menyediakan itu semua? Ada, cek saja di http://algebrahut.com. Dia memberikan itu secara cuma-cuma. Bagaimana menggunakannya? Mereka menyediakan user interface mirip mathtype. Try this http://algebrahut.com/mathtype.html.


 Tex syntax Tex Render 

 \sqrt {x}


x^2


\frac {a}{b}


\sqrt [n] {x}


x^{n}


x_{n}


|x|


\emptyset


\le


\ge


\pm


\infty


\neq


\Rightarrow


\cup


\cap


\sum_{k=1}^n


\sum


\begin{pmatrix} a&b\\c&d \end{pmatrix}


\bar{x}


\subset


\in


\Delta


\left ( \frac {a}{b} \right ) ta


\left { \forall {x} \right } ta


\approx
\lim_{n \to \infty }


f^{\prime}(x)


f^{\prime\prime}(x)


\partial x \


\int


\int\limits_{a}^{b}\ 







































































Yah, kolom kedua adalah apa yang akan kita dapatkan. Tapi apa ya kolom pertama? Kamu dapat membuat formula yang lebih canggih dengan kolom pertama dan mengetahui bagaimana memanipulasinya. Ini dinamakan sintaks. Bila sintaks dapat dipahami, kita dapat memanipulasi simbol-simbol menjadi formula yang kita inginkan. Tuliskan sintaksnya, dan kita dapatkan formulanya. Ok apakah cukup dengan menuliskannya di html editor?? Tentu tidak. Render tex berupa citra. Citra ini diperoleh dari cgi-bin yang kita bicarakan sebelumnya. Maka, kita tinggal mereferkan citra kita ke cgi-bin yang telah disediakan algebrahut, http://algebrahut.com/cgi-bin/mimetex.cgi?. Tepat setelah tanda tanya ('?') kita tuliskan sintaks yang diinginkan. Sama dengan userinterface bukan? Masih belum cukup? cobalah perkaya vocab sintaks anda di http://enwikipedia.org/wiki/Help:Formula. Mudah bukan? Yup, anda memang super.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar