Minggu, 10 April 2011

Komputer Internet make Bookmark

Saat ini bisa kita sebut sebagai internet. Kita dapat dengan mudah memperoleh produk yang menawarkan koneksi internet sekarang. Hampir di setiap expo komputer, netbook, modem, dan broadband ada di stan terdepan. Kalau dibandingkan melalui expo, mungkin saingan pengguna komputer untuk internet hanya para gamers. Tapi bukan saingan besar.




Catatan ini mengambil judul komputer internet. Sebetulnya apa ide komputer internet menurut kami?? tuing-tuing, memang terdengar aneh. Kami kembali ke konsep computing (kalau komputer berarti alat untuk meng-compute). Computing berasal dari kata dasar compute, yang berarti menghitung. Alih-alih menggunakan kata menghitung, kita dapat menggunakan kata memproses. Dahulu, komputer memproses bilangan-bilangan, atau dengan pengertian sederhana, komputer menyediakan fungsi-fungsi matematika secara mandiri. Lalu kita (intelijensi) membuat suatu bahasa yang dengannya kita dapat memproses informasi dengan membuat simbolnya dalam bilangan biner. Itu mungkin bukan pekerjaan kita. Ya, disana banyak orang-orang gila angka dan mereka sangat mengagumkan dalam hal itu. Sekarang, kita dapat mengambil kesimpulan apa itu komputasi (computing). Kita dapat mengatakan bahwa komputasi adalah objek fungsional yang memproses masukan yang kita berikan. Biasanya berupa informasi dan memberikan keluaran yang kita inginkan. Seperti sebuah keyboard pada komputasi pemroses kata. Kita melihat huruf i di keyboard kita, kita tekan, maka kita dapatkan karakter i di pemroses kata tersebut. Keyboard sebenarnya merupakan susunan biner yang mensimbolkan karakter yang tercetak di atasnya. Kemudian aplikasi menterjemahkan apa yang dimasukkan menjadi keluaran yang kita inginkan, yakni mencetak i di layar dengan susunan tertentu yang mempunyai nilai informasi.

Sekarang kita selidiki bagaimana internet dapat berkembang sangat pesat. Saat menggunakan internet, kita mengirim informasi, dan kita mendapat yang kita inginkan. Di sini, kita mendapat kesan yang sama dengan komputasi (mav ini bukan komputasi diperkuliahan, hanya variabel saja). Cobalah ketik 'hay' saat kita jalankan servis 'chat', mungkin kita akan mendapatkan jawaban dari chat partner kita. Bukankah yang kita kirim informasi dan begitu pula yang kita dapat? Sejak 'chat' menggunakan internet, kita bisa mengatakan bahwa internet juga komputasi. Sekarang tentu kita mendapat kesan tentang judul ini. Seperti apa internet berkembang saat ini?? Kita tentu tahu, kita bisa melakukan chat (teks, audio, maupun video), mailing, blogs, maupun forum. Bahkan semua yang kita sebut dapat melalui satu aplikasi dan protokol yang dinamakann web. Servis-servis ini yang sering kita sebut sebagai aktivitas sosial. Selain itu, kita juga dapat fungsi-fungsi lain seperti news feed, commerse, bahkan fungsi office melalui web .

Bagaimana kita menggunakan internet untuk komputasi?? Mudah. Sederhananya kita hanya perlu membuat peta fungsionalitas yang kita butuhkan saja. Kita ingin berkomunikasi lewat internet? Dengan mudah kita dapat menemukan chat berbasis web seperti facebook chat, google talk, yahoo messenger, mungkin anda mengetahui lebih banyak lagi. Fungsionalitas lain sebagai contoh adalah diskusi. Kita mendapatkan servis diskusi dengan mengetikkan 'forum' dalam mesin pencari seperti google. Mesin pencari sendiri satu fungsionalitas yang berbeda pula. Kamu ingin berbagi pengalaman atau mencari pengalaman orang lain tentang hackintosh? mungkin kamu akan menggunakan forum mac-inul atau insanelymac. Office, yang selama ini sering digunakan dalam komputasi, dapat anda temukan di internet. Google dan Zoho menyediakan layanan gratis untuk spasi tertentu. Sedangkan microsoft masih memberikan layanan barbayar seperti biasa. Pernah mengunjungi Mixpod? Ya, mereka menyediakan media player berbasis web. Menyenangkan bukan?

Bookmark, sebuah nilai tambah

Setelah kita menemukan berbagai servis yang kita butuhkan di internet, bagaimana kita mengatur sekian banyak fungsionalitas?? bisakah kita kelompokkan dan dengan satu klik kita mendapatkan apa yang kita inginkan?? tentu bisa. Konsep seperti ini, yakni mengelompokkan sesuatu dapat kita katakan sebagai pemetaan, atau mapping. Kita dapat mengelompokkan fungsi sosial sendiri, fungsi office sendiri, dan yang lain.

Namun, kita tahu, kadang alamat internet yang kita gunakan sangat panjang. Kita susah mengingat, bahkan saat kita tuliskan, kadang kita bingun makna alamat ini. Untuk itu, kita mungkin bisa mengganti alamat ini dengan kata atau frasa yang mendeskrisikan fungsionalitas alamat ini. Konsep seperti ini kita sebut sebagai aliasing. Seperti shortcut di dekstop anda. Anda tentu familiar bila menggunakan *nix sebagai sistem operasi anda.

Aliasing ama mapping merupakan dua konsep yang terwujud dalam satu tools yang kita namakan bookmark. Bookmark yang paling dekat dengan kita mungkin ada di web browser. kita bisa menambahkan map-map fungsi di bookmark toolbar. Kita bisa menyimpan alamat fungsionalitas kita dengan membookmarknya. Memberikan kata atau frasa yang intuitif sebagai judul, dan menempatkan dalam map-map fungsi tersebut. Dengan ini kita telah menggunakan internet layaknya komputer, karena dia mengkomputasi apa yang kita berikan atau kirimkan. Bahkan bookmark juga dapat ditemukan sebagai service berbasis web, google menawarkan itu untuk kita. This ends here. :). happy netting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar